Bagian Bagian Stetoskop

Stetoskop adalah alat medis yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit berdasarkan suara yang dikeluarkan oleh bagian tubuh manusia. Selain untuk tubuh manusia stetoskop juga digunakan oleh teknisi yang melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan suara. Oleh karenanya alat ini fokusnya adalah menangkap suara lalu menghilangkan suara yang tidak diperlukan lalu suara yang dibutuhkan ditangkap oleh penggunanya. Dalam tulisan ini akan dijelaskan bagian bagian stetoskop yaitu eartips, binaural, tubing dan chest piece.


Bagian Bagian Stetoskop

Bagian bagian stetoskop

Ada 4 bagian utama pada stetokop, yaitu :

1. Eartips

Adalah bagian stetoskopyang menempel pada telinga, biasanya terbuat dari karet lembut atau plastik yang keras. Untuk stetoskop yang harganya murah biasanya eartips terbuat dari plastik sedangkan yang lebih mahal terbuat dari karet lembut. Jika anda membeli stetoskop pilihkan yang eartips nya terbuat dari karet karena lebih nyaman dan tidak menimbulkan sakit pada telinga.

2. Binaural / Pipa besi

Binaural berfungsi menjaga stetsokop tetap tegak dan tidak lembek. Pada binaural ini terdapat besi stainles lentur supaya nyaman digunakan dan ergonomis. Ergonomis artinya sesuai dengan posisi telinga. Biasanya stetoskop tidak tegak lurus, tapi agak bengkok mengikuti poisis telinga kanan dan kiri. Jika anda merasa tidak nyaman ketika memakai stetoskop cobalah ditukar kanan dan kiri eartipsnya.

3. Tubing / selang karet

Tubing berfungsi menyalurkan suara dari chestpiece ke telinga. Selang ini biasanya jumlahnya 1 buah dan terbuat dari karet yang lentur. Ada tipe stetoskop tertentu yang terdiri dari 2 selang disebut Sprague rappaport.

4. Chestpiece

Chestpiece adalah bagian stetoskop yang ditempelkan ke tubuh pasien untuk menangkap suara yang diperiksa. Berdasarkan jumlah kepalanya, chestpice dibagi menjadi 2 yaitu dual head dan single head. Dual head adalah stetoskop yang memiliki dua muka depan dan belakang, dua duanya bisa digunakan untuk kebutuhan pemeriksaan yang berbeda. Kepala bagian depannya adalah yang ada membrannya sedangkan bagian belakang taatau selang karetnpa membran.

Untuk menggunakan salah satu dari kedua kepala tersebut tinggal memutar pin besa pada chestpiecenya.

Toko yang jual stetoskop

TokoAlkes® menjual berbagai merk dan tipe stetoskop, untuk informasi mengenai stetoskop silahkan kunjungi toko kami di :

Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung

Telp : 0851 0117 9366 / 022 2032522
SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
BBM : 29EAB6F3

Jika anda berdomisili di Kota Bandung dan sekitarnya bisa datang langsung ke alamat tersebut dan memilih stetoskop sesuai dengan kebutuhan anda.

Kami juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, silahkan kunjungi toko online kami www.tokoalkes.com

bagian bagian stetoskop



Terima kasih untuk Like/comment FB :