Fungsi Stetoskop

Dahulu kala sebelum ditemukan stetoskop, dokter yang memeriksa detak jantung harus menempelkan telinganya ke dada atau punggung pasien. Pemeriksaan seperti ini tentu membuat tidak nyaman, selain karena dapat menularkan penyakit dari penderita kepada pemeriksa juga tentu tidak etis jika yang memeriksa dokter pria sementara yang diperiksa pasien wanita. Fungsi stetoskop dalam bidang kesehatan adalah untuk memeriksa suara di dalam tubuh.


Stetoskop masih sederhana

Pada tahun 1816 seorang dokter dari perancis René-Théophile-Hyacinthe Laennec menemukan stetoskop yang masih sederhana berupa gulungan kertas yang ditempelkan ke dada pasien untuk mendengarkan detak jantungnya. Sampai saat ini stetoskop sederhana tersebut masih digunakan, dikenal dengan nama monoaural / linex / leanec, nama yang berasal dari nama penemunya. Penggunaannya terutama untuk pemeriksaan detak jantung janin dalam kandungan. Hanya bahannya saja yang berbeda ada yang terbuat dari kayu, alumunium, keramik atau bahan lain.

Monoaural / Linex / Leanec untuk memeriksa detak jantung janin

Fungsi stetoskop

Fungsi stetoskop secara umum antara lain :

Stetoskop dual head

1. Memeriksa tekanan darah

Ahli kesehatan dapat memeriksa tekanan darah atau tensi menggunakan stetoskop dan tensimeter manual. Dengan kedua alat tersebut dapat diketahui sistolik dan diastolik atau batas atas dan batas bawah tekanan darah serta jumlah detak jantung permenit.

2. Mendengarkan suara paru paru

Dengan memeriksa paru-paru menggunakan stetoskop dokter dapat mengetahui apakah pasien mengalami gangguan pernapasan pada saluran napas dan paru paru seperti apakah ada penyumbatan, lendir, sesak napas dan sebagainya.

3. Memeriksa detak jantung

Dengan menggunakan stetoskop dokter ahli dapat menemukan kelainan pada jantung dengan mendengarkan detak, murmur dan suara lainnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan ini dan pemeriksaan lainnya dapat ditentukan rencana pengobatannya.

4. Memeriksa detak jantung dan gerakan janin dalam kandungan

Ahli kesehatan seperti dokter dan bidan dapat mengetahui kesehatan janin dalam kandungan dengan memeriksa detak jantung serta gerakan janin. Pemeriksaan ini juga meliputi kesehatan ibu. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut dokter atau bidan dapat menentukan tindakan medis yang diperlukan

5. Memeriksa gangguan pada usus dan lambung

Dengan memeriksa lambung dan saluran pencernaan menggunakan stetoskop ahli kesehatan dapat mengetahui adanya gangguan dan menentukan rencana tindakan tau pengobatan yang diperlukan.

Toko yang jual stetoskop

TokoAlkes® menjual berbagai merk dan tipe stetoskop, untuk informasi mengenai stetoskop silahkan kunjungi toko kami di :

Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung

Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522 fax 2041315
SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05

BBM : 2AB98F9C

Jika anda berdomisili di Kota Bandung dan sekitarnya bisa datang langsung ke alamat tersebut dan memilih stetoskop sesuai dengan kebutuhan anda.

Kami juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, silahkan kunjungi toko online kami www.tokoalkes.com

fungsi stetoskop



Terima kasih untuk Like/comment FB :