Stetoskop

Stetoskop adalah alat kedokteran yang digunakan untuk memeriksa kesehatan pasien dengan cara mendengarkan suara yang ada dalam tubuh. Bagian tubuh yang diperiksa dengan stethoscope antara lain : detak jantung, suara nafas, gerakan usus dan pencernaan, janin dalam kandungan dan sebagainya. Stetoskop tidak hanya digunakan dalam bidang kedokteran, dalam bidang lain yang memerlukan pemeriksaan suara lembut seperti pembuatan jam tangan.

Stetoskop simbol dokter

Stetoskop sering identik dengan ahli kesehatan seperti dokter yaitu dengan melingkarkannya di leher atau tergantung di saku jas dokter. Cara kerja stethoscope adalah menangkap suara tertentu dari objek yang diperiksa dan menghilangkan atau mengurangi suara yang tidak diperlukan sehingga penggunanya dapat mengamati atau memeriksa suara yang dihasilkan.

Sejarah stetoskop

Stetoskop ditemukan oleh seorang dokter dari Perancis bernama Rene Leannac pada tahun 1816. Sebelum ditemukan stetoskop seorang dokter memeriksa pasien dengan menempelkan telinga pada bagian tubuh pasien yang diperiksa. Hal ini tentu tidak nyaman, selain dapat menularkan penyakit dari pasien kepada dokter juga sangat menggangu atau tidak etis jika dokter pria memeriksa pasien wanita.

Stetoskop masih sederhana

Awalnya stetoskop terbuat dari gulungan kertas yang ditempelkan pada dada atau punggung pasien. Perkembangan selanjutnya menggunakan bahan yang bermaca-macam seperti kayu, logam, keramik dan sebagainya.

Stetoskop jenis ini masih digunakan hingga kini dan dinamakan sesuai dengan penemunya yaitu Leanec atau lynex atau monoaural. Pada masa kini biasanya lynex ini digunakan untuk pemeriksaan kebidanan yaitu memeriksa janin dalam kandungan.

Lynex / Monoaural untuk memeriksa janin

Kini stetoskop sudah demikian berkembang dengan berbagi macam variasi kegunaan dan kecanggihan masing-masing. Ada stetoskop yang khusus untuk pemeriksaan jantung yang disebut dengan stetoskop cardiologi, ada pula yang khusus untuk anak serta bayi yang disebut dengan stetoskop child dan neonatus. Tentu saja suara yang dihasilkan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing

Stetoskop dual head

Stetoskop dual head

Pada umumnya stetoskop masa kini sudah dual head, yaitu kedua sisinya dapat digunakan untuk penggunaan yang berbeda. Bagian depan dilengkapi dengan membran tipis dan bagian belakang tanpa membran. Untuk memilih menggunakan bagian depan atau belakang cukup dengan memutar pin pada chestpiece nya.

Toko jual stetoskop

TokoAlkes® menjual berbagai merk dan tipe stetoskop, untuk informasi mengenai stetoskop silahkan kunjungi toko kami di :

Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung

Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522 fax 2041315
SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05

BBM : 7F8B61CD / 52B65C54

Jika anda berdomilisi di Kota Bandung dan sekitarnya silahkan datang langsung ke alamat tersebut.

Toko online jual stetoskop

Kami juga melayani pengiriman stetoskop ke seluruh Indonesia menggunakan ekspedisi JNE, TIKI, POS dan lainnya. Ongkos kirimnya juga murah, misalnya menggunakan ekspedisi JNE Reguler untuk tujuan Jakarta, Tangerang, Bekasi Bogor dan sekitarnya ongkos kirimnya sekitar 10 ribu per kg. Silahkan kunjungi toko online kami www.tokoalkes.com

stetoskop



Terima kasih untuk Like/comment FB :