Bagian dan Fungsi Stetoskop Binaural (Dua Earpiece)

Bagian dan fungsi stetoskop menjadi hal yang penting yang harus diketahui agar dapat menggunakan stetoskop dengan benar. Pada umumnya bagian dan fungsi stetoskop ini terdiri dari 4 bagian. Mungkun akan berbeda dengan jenis stetoskop monoaural. Stetoskop monoaural hanya terdiri dari dua bagian yaitu bagian yang menghubungkan telinga pendengar dan bagian yang menghubungkan dengan kulit pasien.


 Stetoskop binaural dual head

Stetoskop training dengan dua pasang earpiece

Bagian dan Fungsi Stetoskop Binaural

Bagian dan fungsi stetoskop pada umumnya terdapat 4 bagian. Ke empat bagian dan fungsi stetoskop tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Bagian dan fungsi stetoskop yang pertama yaitu pada bagian eartips. Bagian dan fungsi stetoskop pada bagian eartips ini digunakan atau terjadi pada saat ditempelkan pada telinga.bagian yang menempel pada telinga atau eartips berfungsi untuk mendengarkan bunyi dari dalam tubuh.
  2. Bagian dan fungsi stetoskop yang kedua ialah pad bagian binaural atau pipas besi. Binaural atau pipas besi ini berfungsi untuk menjaga stetoskop agar tetap dalam keadaan tidak lembek. Pada bagian dan sungsi stetoskop binaural terdapat besi stainless lentur yang dibuat dengan tujuan agar pengguna merasa nyaman dan ergonomis karena dapat digunakan sesuai dengan posisi telinga.
  3. Bagian dan fungsi stetoskop selanjutnya ialah tubing atau selang karet. Pada bagian dan fungsi stetoskop ini berfungsi untuk menyalurkan dari suara chestpieceske telinga.selang ini pada umumnya berjumlah satu buah dan terbuat dari karet yang lentur. Terdapat stetoskop tertenty yang terdiri 2 selang yang disebut sprague rapport.
  4. Bagian dan fungsi stetoskop yang terakhir yaitu mengenai chestpiece. Bagian dan fungsi stetoskop dari bagian chestpiece adalah bagian yang di tempelkan ke tubuh pasien untuk menangkap suara yang diperiksa. Bagian dan fungsi stetoskop pada bagian chestpiece berdasarkan jumlah kepalanya terdapat 2 yaitu dual head dan single head. Chestpiece dengan dual head memiliki dua bagian kepala yaitu muka depan dan belakang. Dual head ini dapat digunakan untuk pemeriksaan yang berbeda. Pada kepala bagian yang depannya terdapat membran yang berfungsi sebagai diafragma. Sedangkan pada bagian belakangnya atau selang karet tanpa membran. Pada bagian chestpiece atau diafragma ini memiliki fungsi untuk memperbesar bunyi dari jantung. Maka dari itu paling sering pada bagian depan kepala chestpiece ini digunakan untuk memeriksa bunyi jantung.
Bagian dan fungsi stetoskop tersebut memiliki perannya masing-masing dalam melakukan pemeriksaan. Bagian dan fungsi stetoskop tersebut akan berjalan sesuai dengan perannya apabila dilakukan dengan benar. Baik benar dalam hal penggunaan stetoskop maupun dalam hal menempatkan stetoskop terhadap titik atau area pemeriksaan untuk mendapatkan bunyi atau suara yang diinginkan untuk diidentifikasi.

Bagian dan fungsi stetoskop dari masing-masing bagian stetoskop menunjukkan perannya masing-saing saat melakukan pemeriksaan. Perannya tersebut merupakan satu keasatuan yang mendukung kualitas suara akustik yang terdengar. Untuk itu, pemeliharaan stetoskop pada setiap bagian stetoskop sangat penting untuk dilakukan guna mendukung agar bagian-bagian stetoskop tersebut dapat berfungsi sesuai dengan fungsinya.

Selain itu perhatian dalam menggunakan stetoskop juga penting untuk dilakukan. Perhatian tersebut misalnya sperti menjaga stetoskop agar tidak jatuh karena di letakkan pada sembarang tempat. Apabila stetoskop terjatuh maka dapat memungkinkan untuk terjadinya kerusakan pada bagian dan fungsi stetoskop tersebut. Sehingga stetoskop tidak dapat menghasilkan suara akustik yang baik dan pada akhirnya stetoskop tidak dapat digunakan lagi oleh pemeriksa.





Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :

  • slideshare.net




Terima kasih untuk Like/comment FB :