Cara Menggunakan Stetoskop yang Nyaman

Stetoskop yang nyaman menjadi salah satu faktor dalam keberhasilan untuk melakukan pemeriksaan terhadap pasien. Terdapat suatu terobosan penelitian yang dilakukan oleh William hanley dan Anthony Hanley menuju keefektifan dalam menggunakan stetoskop. Disana mereka membuat penelitian tentang penempatan stetoskop yang benar saat tidak digunakan. Penelitian ini telah memberikan kontribusi dalam kemajuan dunia kedokteran. Mengingat bahwa penempatan stetoskop yang nyaman masih sedikit dilakukan oleh para dokter. Hal ini juga berkaitan dengan kekuasaan dari dokter dan bagaimana penempatan stetoskop yang menjadi ikon dari kekuasaannya tersebut.

Selama berabad-abad kekuasaan seorang dokter telah disimbolkan dengan berbagai simbol. Pada zaman yunani kuno stetoskop menjadi lambang kedokteran, kemudian staf dokter dan sebagainya. Pada abad ke 19 simbol tersebut diganti menjadi jas putih. Namun simbol jas putih di protes oleh petugas lainnya yang bergelut dalam dunia kesehatan. Bahkan petugas administrasi rumah sakit pun kini banyak memamakai jas putih saat memberikan pelayanan.Melalui semua peristiwa ini, stetoskop masih tetap menjadi lambang dari seorang dokter.



Pemeriksaan pasien menggunakan stetoskop

Stetoskop akustik dual head


Stetoskop yang nyaman menjadi salah satu faktor dalam menggunakan stetoskop. Stetoskop yang nyaman dapat di peroleh berawal dari bagaimana cara kita dalam memilih stetoskop. Pada saat memilih stetoskop yang nyaman, pastikan kita mencoba stetoskop tersebut terlebih dahulu.

Stetoskop yang nyaman memiliki karakteristik tidak merasakan nyeri saat digunakan pada lubang telinga. Biasanya terdapat beberapa stetoskop yang dapat menimbulkan nyeri pada saat digunakan pada lubang telinga. Padahal seperti yang kita tahu bahwa stetoskop telah disesuaikan antominya dengan lubang telinga manusia. Selain itu stetoskop yang nyaman pada bagian eartipnya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran dari eartip juga selain mempengaruhi kenyamanan pengguna juga akan mempengaruhi kualitas suara yang di dengar. Stetoskop yang nyaman, pada bagian eartipnya sebaiknya di sesuaikan dengan lubang telinga pengguna.

Cara Menggunakan Stetoskop yang Nyaman

Kenyamanan dalam menggunakan stetoskop dipengaruhi oleh bagaimana pengguna menggunakan stetoskop tersebut. Cara menggunakan stetoskop yang nyaman dapat dilakukan dengan mengikuti langkah sebagai berikut :
  1. Langkah pertama dari cara menggunakan stetoskop yang nyaman ialah memilih stetoskop yang baik. Cara memilih stetoskop yang baik dilakukan dengan cara memeriksa semua bagian dari stetoskop. Pada sebuah stetoskop terdiri dari beberapa bagian seperti diafragma, chestpiece, bel, pipa karet / plastik, earpiece atau yang menghubungkan antara stetoskop ke telinga pengguna. Pada saat memilih stetoskop, bagian telinga stetoskop harus benar-benar masuk dengan rapat pada telinga pengguna. Selanjutnya, garis tengah bagian dalam pipa stetoskop harus kecil dan panjang. Total ukuran dari panjang garis tengah bagian dalam pipa stetoskop yang dianjurkan tidak lebih dari 16 inci. Kemudian mengecek lonceng stetoskop dilakukan dengan cara menempelkan dengan ringan pada kulit lonceng stetoskop tersebut.
  2. Langkah kedua dari cara menggunakan stetoskop yang nyaman ialah menempatkan posisi eartip pada posisi yang sesuai dengan lubang telinga pengguna. Cara memposisikan eartip yang benar yaitu dengan meregangkan kedua eartip lalu masukkan secara perlahan pada lubang telinga pengguna.
  3. Langkah ketiga dari cara menggunakan stetoskop yang nyaman ialah membuka lubang suara pada posisi difragma atau bell disesuaikan dengan kebutuhan saat pemeriksaan dengan cara memutar sambungan diantara diafragma dan tube stetoskop. Setelsh itu pengguna stetoskop dapat menggunakan stetoskop yang nyaman tersebut untuk melakukan pemeriksaan terhadap pasien.



Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • ncbi.nlm.nih.gov




Terima kasih untuk Like/comment FB :