Memilih Stetoskop Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Memilih stetoskop yang tepat menjadi hal yang penting agar stetoskop yang digunakan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya dan dapat digunakan oleh pemeriksa dengan nyaman. Stetoskop merupakan alat kesehatan yang paling sering di jumpai dan digunakan oleh para tenaga medis dalam memeriksa pasiennya. Pada umumnya kini banyak produsen alat kesehatan atau stetoskop menawarkan stetoskop dengan berbagai jenis dan kegunaannya. Selain itu para produsen stetoskop juga menawarkan stetoskop dengan berbagai warna variasi agar terlihat kesan yang indah.

Namun, memilih stetoskop tidak hanya berdasarkan bentuk dan warna dari stetoskop tersebut, melainkan kemampuan dalam memeriksa pasien dan memberikan kualitas bunyi atau suara yang dihasilkan dari pemeriksaan juga menjadi pertimbangan para pengguna atau pemeriksa pasien dalam memilih stetoskop. Memilih stetoskop yang tepat agar dapat menghasilkan kualitas suara yang jelas dapat membantu pemeriksa untuk menentukan diagnosa pada ada tidaknya gangguan atau kelainan yang terjadi. Selain itu kualitas kejelasan suara atau bunyi yang dihasilkan oleh stetoskop menjadi salah satu unsur dalam memilih stetoskop.


 Stetoskop cardiology untuk pemeriksaan jantung

Stetoskop digunakan oleh ahli medis

Tips Memilih Stetoskop

Setiap orang akan memiliki pendapat yang berbeda mengenai memilih stetoskop yang baik. Namun pada kali ini akan dipaparkan pertimbangan atau tips dalam memilih stetoskop yang baik. Berikut terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan acuan dalam memilih stetoskop. Pada stetoskop terdiri beberapa bagian diantaranya ialah diafragma, chestpiece, bel, pipa karet / plastik, earpiece atau yang menghubungkan antara stetoskop ke telinga pendengar atau pemeriksa.

Pada saat memilih stetoskop, bagian telinga stetoskop harus benar-benar masuk dengan rapat pada telinga pendengar atau pemeriksa, sehingga apabila telinga stetoskop tersebut pas masuk ke telinga atau tidak longgar maka akan terbentuk udara mulai dari dada sampai membaran timpani. Selain itu, apabila telinga stetoskop benar-benar sesuai, penekanan pada diafragma stetoskop akan menimbulkan rasa tidak enak pada telinga bila stetoskop diletakkan pada tempatnya.

Tips memilih stetoskop yang selanjutnya ialah garis tengah bagian dalam pipa stetoskop harus kecil dan panjang. Total ukuran dari panjang garis tengah bagian dalam pipa stetoskop yang dianjurkan tidak lebih dari 16 inci. Ada dua jenis bagian dasar dari dada stetoskop, lonceng dan diafragma yang perlu diperhatikan pada saat akan memilih stetoskop. Lonceng merupakan bagian paling baik dari stetoskop dalam menghantarkan suara atau bunyi dengan frekuensi rendah. Cara mengecek lonceng stetoskop yang baik dilakukan dengan cara menempelkan dengan ringan pada kulit lonceng stetoskop tersebut. Karena apabila lonceng tersebut di cek dengan cara ditempelkan pada kulit dada maka lonceng stetoskop akan bertindak sebagai diafragma. Diafragma akan memperkuat suara yang memiliki frekuensi tinggi dengan cara menurunkan atau meniadakan penghantaran suara berfrekuensi rendah dan bertindak sebagai penyaring suara berfrekuensi rendah.

Kemudian dalam memilih stetoskop juga perlu diperhatikan pada garansi alat yang ditawarkan dari produsen stetoskop tersebut. Sebaiknya para pengguna stetoskop memilih stetoskop yang memiliki garansi dengan masa yang panjang. Biasanya setiap produsen stetoskop akan menawarkan masa atau waktu garansi yang berbeda-beda. Dimulai dari masa garansi selama 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan sampai denga satu tahun. Namun jenis garansi yang ditawarkan pun akan berbeda. Mungkun saja garansi hanya berlaku bagi kerusakan bagian aksesoris stetoskop saja ataupun bagian inti dari stetoskop. Hal ini tentu juga akan berpengaruh terhadap keputusan pengguna dalam memilih stetoskop.





Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • Buku Major Diagnosis Fisik




Terima kasih untuk Like/comment FB :