Mengenal Bagian Stetoskop (Chestpiece, Tubing, Binaural, Eartips)

Sebagai seorang pengguna stetoskop atau para tenaga kesehatan wajib untuk mengenal bagian stetoskop. Mengenal bagian stetoskop ini penting untuk diketahui karena berhubungan dengan penggunaan dan perawatan stetoskop itu sendiri. Pada umumnya stetoskop terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian dari stetoskop tersebut diantaranya ialah eartips, binaural atau pipa besi, tubing atau selang karet, dan chestpiece.


 Stetoskop dewasa dual head

 Stetoskop dengan dua tubing (selang)

Stetoskop single head

Mengenal Bagian Stetoskop Eartips

Yang perlu diketahui dalam mengenal bagian stetoskop eartips ini meliputi bahan dan cara menggunakan eartips tersebut. Eartips merupakan bagian dari stetoskop yang digunakan pada lubang telinga pengguna stetoskop. Pada umumnya eartips ini terbuat dai bahan karet yang lembut atau pun plastik yang keras. Hal ini di dasarkan pada harga stetoskop itu sendiri. Apabila pada stetoskop dengan harga yang murah biasanya eartips terbuat dari bahan plastik yang kaku. Sehingga penggunaan eartips pada stetoskop yang murah dapat membuat ketidaknyamanan kepada pengguna stetoskop itu. Sedangkan pada stetoskop yang mahal, biasanya menggunakan eartips yang terbuat dari karet lembut. Maka apabila dipakai oleh pengguna akan merasa nyaman. Eartips stetoskop yang lembut menjadi rekomendasi dalam memilih stetoskop.

Mengenal Bagian Stetoskop Binaural atau Pipa Besi

Mengenal bagian stetoskop binaural atau pipa besi ini meliputi bahan dan penggunaan bagian tersebut. Binaural merupakan bagian dari stetoskop yang digunakan agar stetoskop tetap tegak serta tidak lembek. Bagian dari stetoskop ini terbuat dari bahan stainles lentur agar nyaman saat dipakai oleh pengguna stetoskop. Pada umumnya stetoskop tidak dalam posisi tegak lurus, tetapi agak bengkok mengikuti posisi telinga kanan dan kiri. Apabila pengguna stetoskop merasa tidak nyaman saat menggunakan stetoskop, cobalah untuk menukar posisi eartipsnya.

Mengenal Bagian Stetoskop Tubing atau Selang Karet


Mengenal bagian stetoskop tubing atau selang karet ini meliputi bahan dan penggunaannya. Tubing ini berbahan dasar dari karet. Tubing berfungsi untuk menyalurkan suara yang ditampung oleh chestpice ke telinga. Tubing pada stetoskop umumnya berjumlah satu buah. Namun ada pula stetoskop yang memiliki 2 buah tubing yang dinamakan dengan sprague rappaport.

Mengenal Bagian Stetoskop Chestpiece


Mengenal bagian stetoskop Chestpiece ini meliputi bahan dasar pembuatan dan penggunaan chestpiece. Chestpiece disebut juga sebagai diafragma atau bell atau kepala stetoskop. Chestpiece ini merupakan bagian dari stetoskop yang kontak secara langsung dengan kulit pasien. kulit pasien berperan sebagi media getaran yang dihasilkan oleh tubuh. Apabila bagian chestpiece stetoskop di tempelkan pada kulit pasien, maka chestpiece tersebut dapat menangkap suara yang sedang diperiksa. Berdasarkan jumlah kepalanya, chestpiece dibagi menjadi 2, yaitu dual head dan single head.

Chestpiece dual head merupakan bagian dari chestpiece stetoskop yang memiliki dua muka yaitu muka depan dan belakang. Kdua muka tersebut dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan yang berbeda. Pada muka depan merupakan chestpiece yang mempunyai membran sedangkan muka belakang merupakan chestpiece yang tidak mempunyai membran. Apabila akan memakai salah satu muka maka pin yang berada pada chestpiece dapat diputar. Pin tersebut merupakan pintu pembuka dan penutup saluran suara ke tubing. Sedangkan chestpiece single head hanya memiliki satu muka saja. Biasanya chestpiece satu muka hanya terdiri dari bagian yang memiliki membran saja. Chestpiece single head pada sekarang ini sudah jarang di gunakan. Pada saat ini chestpiece yang paling sering digunakan ialah chestpiece dual head.



Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • amazine.co




Terima kasih untuk Like/comment FB :