Pengertian Stetoskop Menurut Beberapa Sumber

Pengertian stetoskop menurut asal katanya, stetoskop berasal dari bahasa Yunani, yaitu berasal dari kata stethos yang artinya dada dan skopeein yang artinya memeriksa. Pengertian stetoskop lainnya mengartikan stetoskop sebagai sebuah alat yang digunakan untuk mengirimkan suara volume rendah seperti detak jantung (atau usus, vena, atau suara janin) ke telinga pendengar. Stetoskop merupakan suatu alat yang digunakan dalam melakukan pemeriksaan bunyi yang dihasilkan oleh tubuh. Stetoskop dapat terdiri dari dua earpiece yang terhubung melalui tabung fleksibel ke diafragma yang ditempelkan.



 Stetoskop fetal untuk pemeriksaan janin dalam kandungan

 Stethoscope cardiology untuk pemeriksaan jantung

 Stethoscope dua selang (sprague rappaport)

Stetoskop sederhana pada awal penemuannya


Pengertian stetoskop tersebut dibuat berdasarkan fungsi stetoskop itu sendiri. Penggunaan stetoskop ini sangat bermanfaat bagi para profesional medis. Dengan adanya stetoskop ini memberikan suatu keuntungan untuk dapat mendengarkan suara yang dihasilkan oleh berbagai organ seperti jantung, paru-paru dan usus. Dari pendengaran bunyi inilah para profesional medis dapat mengenali adanya ketidaknormalan atau gangguan dari fungsi tubuh. Gangguan tersebut dapat segera terlihat dengan penggunaan yang tepat dari stetoskop. Namun apabila penggunaan stetoskop ini dilakukan dengan tidak benar maka akan menimbulkan suatu kerugian. Misalnya saja pada saat suara yang diukur dengan stetoskop diperbesar secara disengaja maka akan menimbulkan bunyi yang terlalu keras dan berpotensi dapat merusak telinga pendengar.

Pengertian stetoskop juga mengartikan stetoskop sebagai alat bantu pendengaran yang dapat membantu pemeriksa dalam mendengar suara-suara yang berasal dari dalam tubuh terutama jantung dan paru-paru selain persendian serta arteri yang tersumbat secara parsial.

Dalam pengertian stetoskop diatas, membuktikan bahwa stetoskop sebagai alat yang membantu dalam mendengarkan suatu bunyi yang dihasilkan oleh tubuh, terbukti dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh profesional medis dengan menggunakan stetoskop. Selain itu stetoskop digunakan juga dalam mendiagnosa suatu penyakit tertentu. Cara kerja dari stetoskop ini ialah dengan menyalurkan suara tertentu dan menghilangkan suara lainnya. Seperti yang kita ketahui dalam sejarah stetoskop, dahulu dokter melakukan pemeriksaan kepada pasien dengan meletakkan telinganya menempel pada badan pasien dengan harapan dapat mendengarkan suatu bunyi. Namun hal tersebut dianggap kurang etis sehingga diciptakanlah suatu alat yang dapat membantu dokter dalam mendengarkan bunyi yang dihasilkan oleh tubuh.

Pengertian Stetoskop menurut Beberapa Sumber

Pengertian stetoskop memiliki arti yang bermacam-macam. Pengertian stetoskop tersebut dikemukakan oleh beberapa sumber, diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Pengertian stetoskop menurut kamus Besar Bahas Indonsesia (KBBI) berpendapat bahwa stetoskop adalah alat yang digunakan oleh dokter untuk mendengarkan bunyi kerja alat tubuh dalam rongga dada (terutama bunyi paru-paru dan jantung).
  • Pengertian stetoskop menurut kamus kesehatan berpendapat bahwa stetoskop ialah sebuah alat yang digunakan untuk mengirimkan suara volume rendah seperti detak jantung (atau usus, vena, atau suara janin) ke telinga pendengar. Stetoskop dapat terdiri dari dua earpiece yang terhubung melalui tabung fleksibel ke diafragma yang ditempatkan di kulit pasien.
  • Pengertian stetoskop menurut id.wikipedia.org berpendapat bahwa stetoskop ialah sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh. Dia banyak digunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan, meskipun dia juga digunakan untuk mendengar intestine dan aliran darah dalam arteri dan "vein".
  • Pengertian stetoskop menurut kamusq.com berpendapat bahwa stetoskop ialah salah satu alat medis yang di gunakan para dokter dan profesi yang setara denganya untuk memeriksa detak jantung, pernafasan, intestine dan aliran darah pasien. Stetoskop merupakan alat yang tidak bisa di pisahkan dari profesi ahli medis. Bahkan bisa di bilang alat utama seorang dokter selain jarum suntik adalah stetoskop.


Oleh : Bidan Rina Widyawati

 Sumber :
  • id.wikipedia.org
  • kamuskesehatan.com
  • kamusq.com
  • KBBI




Terima kasih untuk Like/comment FB :