Kualitas Stetoskop

Kualitas stetoskop pada umumnya akan ditentukan dari harga yang ditawarkan oleh produsen stetoskop. Semakin tinggi harga stetoskop maka semakin baik pula kualitas stetoskop yang dibuat. Kualitas stetoskop selain ditentukan oleh harga yang ditawarkan oleh pordusen stetoskop, juga secara tidak langsung akan di tentukan oleh bahan dasar dari pembuatan bagian-bagian stetoskop tersebut.

Pada umumnya bagian-bagian dari stetoskop terdiri dari beberapa bagian diantarnya adalah bagian diafragma atau chestpiece, earpiece dan tube. Bagian-bagian stetoskop ini juga dapat menjadi cerminan dari kualitas stetoskop tersebut. Kualitas stetoskop tentunya akan menjadi pertimbangan utama bagi para pengguna stetoskop untuk menggunakan stetoskop dalam suatu tindakan pemeriksaan. Kualitas stetoskop yang baik apabila dilihat dari bagian stetoskop akan memiliki bagian-bagian stetoskop dengan bahan stetoskop yang terbuat dari bahan yang terbaik pula. Misalanya saja pada bagian earpiece, kualitas stetoskop yang baik akan menggunakan earpice yang terbuat dari karet lembut dari pada menggunakan bahan plastik. Pasalnya apabila earpiece menggunakan bahan plastik maka dapat membuat telinga pengguna stetoskop tersebut sakit karrena bahannya yang keras. Begitu juga sebaliknya, kualitas stetoskop yang baik akan menggunakan earpiece yang terbuat dari bahan karet lembut karena dapat membuat nyaman penggunanya.



Stetoskop Litmann salah satu brand paling terkenal


Selian itu, kualitas stetoskop yang baik juga ditentukan dari suara yang dihasilkan oleh stetoskop tersebut. Kualitas tetoskop yang baik akan menghasilkan suara yang lebih jelas dibandingkan suara yang dihasilkan stetoskop dengan kualitas yang rendah.

Perbandingan Kualitas Stetoskop Akustik dan Elektronik

Pada masa sekarang ini telah diciptakan suatu stetoskop yang melibatkan komponen elektronik. Bahkan beberapa diantaranya ada yang sudah dapat dikoneksikan dengan komputer atau stetoskop berbasis komputer. Stetoskop ini diberi nama dengan stetoskop elektronik. Sedangkan stetoskop yang tanpa melibatkan komponen elektronik dan hanya merupakan tabung kosong berisi udara yang berguna mentransfer suara dinamakan dengan stetoskop akustik. Stetoskop akustik merupakan jenis stetoskop yang paling banyak di gunakan. Pada stetoskop akustik ini memiliki kelamahan dalam hal suara berfrekuensi rendah. Untuk menyikapi adanya frekuensi rendah pada stetoskop akustik maka diciptakanlah stetoskop elektronik. Bila dilihat dari kualitas stetoskop yang ada pada masing-masing jenis stetoskop tersebut, maka dapat dikatakan bahwa stetoskop elektronik merupakan stetoskop yang lebih baik dibandingkan dengan akustik.

Kualitas stetoskop elektronik dikatakan lebih baik dibandingkan dengan akustik dikarenakan pada stetoskop elektronik terdapat pengatur frekuensi suara sehingga suara yang ingin kita dengar dari hasil pemeriksaan dapat diperbesar ataupun diperkecil gelombang frekuensinya. Sehingga suara dengan frekuensi tinggi maupun rendah dapat terdengar dengan jelas oleh pengguna stetoskop elektronik.

Stetoskop akustik masih banyak dan paling sering kita temui. Stetoskop ini selain memiliki kualitas stetoskop yang lumayan baik, masih dapat digunakan dalam melakukan pemeriksaan fisik. Namun, ada kemungkinan dalam beberpa tahun ke depan setelah di temukannya stetoskop elektronik. Akan terjadi peralihan penggunaan stetoskop akustik menjadi stetoskop elektronik.

Pada saat ini stetoskop elektronik masih sangat jarang digunakan. Menimbang kualitas stetoskop elektronik ini lebih baik dari pada stetoskop akustik akan terjatuh dari harga yang ditawarkan. Pasalnya harga stetoskop elektronik lebih mahal dibandingkan dengan stetoskop elektronik. Sedangkan stetoskop akustik memiliki harga yang terjangkau dan menghasilkan kualitas stetoskop yang lumayan baik. Walaupun stetoskop ini memiliki kekurangan pada suara yang sangat tipis terdengar. Karena frekuensi suara yang rendah maka sulit untuk melakukan diagnosa terhadap penyakit pasien, bahkan pemeriksaan dengan menggunakan stetoskop akustik harus di ulang beberpa kali agar mendapatkan suara yang jelas.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • alkes-marinno.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :