Stetoskop Terbaik Itu yang Seperti Apa ?

Stetoskop kini menjadi alat kesehatan yang tidak asing lagi di masyarakat umum. Stetoskop ini sering kita temui pada saat dokter atau petugas kesehatan memeriksa pasiennya. Stetoskop yang digunakan tersebut pada umumnya merupakan stetoskop terbaik yang di produksi oleh setiap produsen dari stetoskop. Stetoskop terbaik ini di produksi untuk memenuhi kebutuhan dari para pengguna stetoskop dalam melakukan pemeriksaan.

Stetoskop terbaik tentunya menjadi dambaan untuk dimiliki oleh para pengguna stetoskop. Banyak merk yang menawarkan akan stetoskop terbaik. Tentunya stetoskop terbaik ini di jual dengan harga yang lumayan mahal. Namun, sebenarnya penggunaannya harus disesuaikan dengan tujuan penggunaan stetoskop tersebut. Misalnya saja apabila stetoskop akan digunakan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah maka dapat digunakan dengan stetoskop berkualitas standar. Tetapi apabila stetoskop akan digunakan dengan tujuan pemeriksaan pada penyakit jatung maka gunakan stetoskop terbaik dengan kualitas yang tinggi.



 Stetoskop Cardiology untuk pemeriksaan jantung

Stetoskop sprague untuk pemeriksaan anak dan dewasa

Memilih Stetoskop Terbaik

Sebenarnya dalam memilih stetoskop terbaik tidak perlu mengeluarkan uang yang berlebihan. Sebaiknya di sesuaikan dengan kebutuhan dari penggunaan stetoskop tersebut. Stetoskop dengan kualitas standar dapat menjadi stetoskop yang terbaik apabila digunakan untuk mengukur tekanan darah. Kemudian untuk pemeriksaan jantung pada pasien dengan penyakit jantung sebaiknya gunakan stetoskop kardiologi sebagai stetoskop terbaik dalam melakukan pemeriksaan pada pasien tersebut.

Memilih stetoskop terbaik tidak hanya berpacu pada harga yang ditawarkan oleh para produsen. Selain harga yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih stetoskop terbaik adalah tujuan dari penggunaan stetoskop, kenyamanan saat digunakan oleh pengguna stetoskop, dan kualitas suara yang dihasilkan oleh stetoskop tersebut. Pada pemeriksaan seperti tekanan darah dengan menggunakan spigmomanometer dan stetoskop, cukup hanya menggunakan stetoskop standar saja bunyi nadi yang menunjukkan tekanan diastolik dan sistolik dapat di dengarkan dengan jelas. Namun, apabila stetoskop standar ini digunakan untuk melakukan pemeriksaan jantung maka dapat dikatakan kurang tepat. Karena biasanya stetoskop standar ini kurang bisa mengidentifikasi suara lemah yang sebenarnya menunjukkan ke arah suatu penyakit. Untuk pemeriksaan jantung sebaiknya menggunakan stetoskop kardiologi sebagai stetoskop terbaik.

Memang pada umumnya harga yang ditawarkan oleh produsen stetoskop akan berkaitan langsung dengan kualitas dari stetoskop tersebut. Semakin tinggi harga yang ditawarkan, maka semakin baik pula kualitas dari stetoskop tersebut. Namun apabila kita tidak mempunyai uang banyak sebagai pertimbangan dalam memilih stetoskop terbaik, maka cara berikut dapat menjadi pertimbangan dalam memilih stetoskop terbaik.

Stetoskop terbaik bila dilihat dari karakter bagian stetoskop, meliputi hal-hal sebagai berikut :
  1. Dilihat dari bagian eartip. Dari bagian eartip stetoskop yang dapat dipertimbangkan adalah bahan dasar dari eartip tersebut. Biasanya eartip terbuat bahan plastik, namun ada pula eartip yang terbuat dari karet lembut. Pada stetoskop terbaik, biasanya eartip akan terbuat dari bahan karet lembut. Hal ini akan berpengaruh kepada kenyamanan saat stetoskop di letakkan pada telinga pengguna stetoskop.
  2. Dilihat dari garis tengah bagian dalam pipa. Stetoskop terbaik akan memiliki garis tengah bagian dalam pipa yang berukuran kecil dan panjang. Total ukuran dai panjang garis tengah bagian dalam pipa stetoskop yang dianjurkan tidak lebih dari 16 inci.
  3. Dilihat dari bagian kepala stetoskop. Stetoskop terbaik sebaiknya memiliki 2 kepala yaitu bagian bell dan diafragma. Pada saat bagian bell dan diafragma dicek akan menghasilkan suara yang jelas.
  4. Dilihat dari masa garansi stetoskop. Stetoskop terbaik biasanya akan menawarkan masa garansi yang cukup lama dibandingkan dengan stetoskop standar.



Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • Buku Major Diagnosis Fisik




Terima kasih untuk Like/comment FB :