Stetoskop ABN dan Macam-macamnya

Stetoskop ABN sangat familiar di klinik-klinik kesehatan maupun rumah sakit. Mengapa? Karena stetoskop ABN adalah merek stetoskop yang umum digunakan di fasilitas-fasilitas kesehatan. Selain kualitasnya yang baik, harganya pun terjangkau. Stetoskop ABN juga sering digunakan oleh para mahasiswa kedokteran saat proses belajar auskultasi (pemeriksaan fisik dengan menggunakan stetoskop). Stetoskop merupakan alat kesehatan (medis) yang sering dipakai untuk melakukan pemeriksaan fisik terhadap sistem pernapasan (paru-paru), sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), juga sistem pencernaan (perut/abdomen). Jenis stetoskop ada bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Selain jenis, mereknya juga banyak dan tersedia dalam berbagai warna sehingga bisa disesuaikan dengan selera penggunanya.



stetoskop abn
Stetoskop ABN Classic


Macam-macam Stetoskop ABN

Stetoskop, termasuk stetoskop ABN bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu stetoskop untuk anak dan dewasa. Stetoskop terdiri dari bagian eartips (yang menempel pada telinga), selang, dan chest piece. Bagian chest piece ini umumnya terbagi menjadi dua bagian, yaitu diafragma dan bel  . Diafragma digunakan untuk mendengarkan suara berfrekuensi tinggi sedangkan bagian bel   digunakan untuk mendengarkan suara-suara dengan frekuensi rendah. Satu hal yang membedakan antara stetoskop anak dan dewasa adalah ukuran diafragmanya. Ukuran diafragma stetoskop dewasa lebih besar dibandingkan dengan stetoskop anak sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Stetoskop ABN bisa dibeli di toko-toko alat kesehatan terdekat dan ada berbagai macam, yaitu:

1. Stetoskop ABN Classic Dewasa
Stetoskop ABN paling sering digunakan oleh dokter. Kualitas suaranya sangat jernih dan dirancang agar bisa bertahan lama dan awet. Garansi stetoskop ini adalah satu tahun.

2. Stetoskop ABN Majestic Dewasa Dual Head 
Stetoskop ini juga sering digunakan dan dijual seharga yang lebih murah dibanding yang Classic. Fungsinya sama dengan stetoskop pada umumnya. Akan tetapi, desainnya ringan sehingga nyaman untuk digunakan. Setiap pembelian stetoskop dilengkapi   dengan satu set ekstra eartips dan satu diafragma.

3. Stetoskop Sprague Rappaport ABN
Stetoskop ini berbeda dengan yang lainnya karena memiliki dua selang yang membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih baik. Chestpiece-nya pun ada dua yang dapat digunakan untuk anak dan dewasa.

4. Stetoskop Cardiology ABN
Sesuai dengan namanya, stetoskop kardiologi digunakan khusus untuk menilai suara jantung dan biasanya digunakan oleh dokter spesialis jantung. Diafragma stetoskop kardiologi sangat sensitif terhadap suara berfrekuensi rendah. Stetoskop kardiologi tersedia dalam warna hitam, abu-abu, burgundi, dan huntergreen. Harga stetoskop ABN jenis ini lebih mahal dibanding dengan stetoskop biasa.

5. Stetoskop Training ABN
Stetoskop training dipakai untuk keperluan pembelajaran, stetoskop ini terdiri dari satu chestpiece dan dua pasang eartips sehingga bisa untuk mengajari mahasiswa. Extension stetoskop ini pun dapat dilepas bila akan digunakan untuk praktik klinis.

6. Stetoskop Fetal ABN
Stetoskop jenis ini biasa digunakan oleh bidan dan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui denyut jantung janin di dalam kandungan. Bisa dibilang, alat ini seperti stetoskop Laennec yang sering dipakai di praktik kebidanan. Harga stetoskop ABN Fetal berkisar dua ratus ribuan.

7. Stetoskop Anak ABN Majestic
Diafragma yang digunakan untuk pemeriksaan anak tentu lebih kecil dan inilah kegunaan stetoskop anak ABN Majestic. Secara penampilan, bentuk stetoskop ini sama dengan stetoskop untuk dewasa, hanya saja chestpiece-nya lebih kecil. Tersedia warna Black, Burgundi, Royal Blue, Navy Blue, Huntergreen, Pink, Light Blue, dan Grey.

8. Stetoskop Anak Toonscope ABN
Memeriksa pasien anak seringkali menyulitkan karena mereka biasanya takut pada dokter. Untuk membuat anak-anak lebih tenang, bisa dengan stetoskop Toonscope ini yang di chestpiece-nya ada karakter kartun yang bisa diganti-ganti (harimau, beruang, monyet, rusa, katak, koala, panda).


Oleh: dr. Rizal
Editor: Adrie Noor
Sumber: tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :