Stetoskop Dokter dan Jenis-jenisnya

Stetoskop dokter merupakan alat yang mungkin paling sering Anda lihat di klinik-klinik atau rumah sakit. Stetoskop dokter sering dipakai untuk mengukur tekanan darah dan pemeriksaan fisik di dada dan perut. Stetoskop dokter digunakan untuk mendengarkan suara jantung dan paru di dada dan untuk mendengarkan suara bising usus di perut. Dengan stetoskop dokter, seorang dokter bisa mendapatkan diagnosis dari penyakit pasien dan menentukan pemeriksaan yang akan dilakukan selanjutnya untuk menegakkan diagnosis. Stetoskop dokter yang Anda lihat tentu juga warnanya bermacam-macam sesuai dengan selera dokter yang menggunakannya.



stetoskop dokter
Stetoskop Littmann


Jenis-jenis Stetoskop Dokter

Ada baiknya Anda mengetahui bagian-bagian dari stetoskop dokter agar lebih tahu tentang kegunaan stetoskop ini. Pada dasarnya bagian stetoskop terdiri dari tiga bagian, yaitu eartips, tube, dan chest piece. Bagian stetoskop yang seringkali dimodifikasi dan membuat stetoskop jadi ada berbagai jenis adalah bagian chest piece dan tube. Bagian yang digunakan oleh dokter adalah bagian eartips, bagian ini nantinya dimasukkan ke telinga dokter untuk mendengarkan suara saat pemeriksaan. Eartips hendaknya menggunakan bahan yang lembut sehingga nyaman dipakai oleh dokter saat memeriksa pasien.

Bagian yang menempel di pasien disebut juga dengan chest piece yang terdiri dari diafragma dan bel  . Diafragma digunakan untuk mendengarkan suara yang berfrekuensi tinggi dan bel   digunakan untuk mendengarkan suara berfrekuensi rendah. Bagian stetoskop satu ini bisa bermacam-macam. Ada yang berbentuk seperti stetoskop Laennec biasa yang sering dipakai untuk mendengarkan denyut jantung janin, ada juga yang khusus tanpa bel seperti stetoskop kardiologi (sering dipakai oleh spesialis jantung). Ada juga yang tidak dilengkapi dengan bel, tetapi diganti menjadi bentuk karakter kartun lucu untuk menyenangkan anak-anak dan membuat anak-anak tidak takut saat diperiksa oleh dokter. Eartips dan chest piece dihubungkan oleh tube atau selang yang berfungsi untuk menghantarkan suara dari chest piece ke eartips. Semakin baik kualitas stetoskop, maka akan lebih jernih suara yang terdengar. Maka membeli stetoskop yang berharga mahal tidaklah sia-sia karena dapat dianggap sebagai investasi.

Contoh jenis-jenis stetoskop dapat dilihat pada merek ABN, yang menyediakan stetoskop untuk bermacam-macam kepentingan. Berikut ini adalah jenis-jenis stetoskop ABN yang tersedia di toko-toko alat kesehatan:

1. Stetoskop ABN Classic Dewasa
Ini adalah stetoskop ABN yang paling sering digunakan oleh dokter.

2. Majestic Dewasa Dual Head 
Fungsinya sama dengan stetoskop pada umumnya. Akan tetapi, desainnya ringan sehingga nyaman untuk digunakan.

3. Stetoskop Sprague Rappaport ABN
Stetoskop ini berbeda dengan yang lainnya karena memiliki dua selang yang membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih baik. Chestpiece-nya pun ada dua, yang dapat digunakan untuk anak dan dewasa.

4. Stetoskop Cardiology ABN
Sesuai dengan namanya, stetoskop kardiologi digunakan khusus untuk menilai suara jantung dan biasanya digunakan oleh dokter spesialis jantung. Diafragma stetoskop kardiologi sangat sensitif terhadap suara berfrekuensi rendah. Harga stetoskop ABN jenis ini lebih mahal dibanding dengan stetoskop biasa.

5. Stetoskop Training ABN
Stetoskop ini terdiri dari satu chestpiece dan dua pasang eartips sehingga bisa untuk mengajari mahasiswa yang sedang pendidikan. Extension stetoskop ini pun dapat dilepas bila akan digunakan untuk praktik klinis.

6. Stetoskop Fetal ABN
Stetoskop jenis ini biasa digunakan oleh bidan dan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui denyut jantung janin di dalam kandungan. Bisa dibilang, alat ini seperti stetoskop Laennec yang sering dipakai di praktik kebidanan.

Diafragma yang digunakan untuk pemeriksaan anak tentu lebih kecil dan inilah kegunaan stetoskop anak ABN Majestic. Secara penampilan, bentuk stetoskop ini sama dengan stetoskop untuk dewasa, hanya saja chestpiece-nya lebih kecil.

7. Stetoskop Anak Toonscope ABN
Untuk membuat anak-anak lebih tenang saat pemeriksaan, stetoskop Toonscope chestpiece-nya dibuat dalam beragam karakter kartun yang bisa diganti-ganti (harimau, beruang, monyet, rusa, katak, koala, panda).


Oleh: dr. Rifa
Editor: Adrie Noor
Sumber: tokoalkes.com, stetoschope.web.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :