Stetoskop Anak dan Stetoskop Dewasa

Stetoskop anak adalah stetoskop khusus yang digunakan oleh para dokter umum dan anak saat memeriksa anak. Sebenarnya memeriksa pasien anak tidak mesti menggunakan stetoskop anak, tetapi bisa juga dengan stetoskop dewasa. Akan tetapi, sesuai dengan luas lapang tubuh anak yang lebih kecil, maka akan lebih enak bila menggunakan stetoskop anak. Sama seperti orang dewasa, fungsi stetoskop anak adalah untuk pemeriksaan auskultasi di dada dan perut. Fungsi stetoskop anak juga sama dengan stetoskop dewasa, yaitu untuk mendengarkan suara paru, jantung, dan perut untuk menentukan kelainan apa yang dialami pasien dan bisa menentukan apakah akan dilakukan pemeriksaan penunjang selanjutnya.



stetoskop anak
Stetoskop Anak Merek ABN



Stetoskop digunakan untuk mendengarkan suara jantung sehingga bisa mengetahui keadaan katup-katup jantung. Suara jantung normalnya terdengar ada dua, yaitu saat sistol (jantung berkontraksi) dan diastol (fase pengisian jantung). Dengan menggunakan stetoskop, kita dapat menilai apakah ada kelainan pada jantung seperti kekakuan katup-katup jantung. Stetoskop anak bagi seorang dokter anak adalah hal yang penting sekali untuk mendeteksi penyakit jantung bawaan pada pasien-pasiennya.

Stetoskop digunakan untuk mendengarkan suara napas pasien, apakah aliran udaranya baik atau justru terganggu karena adanya cairan di paru karena infeksi ataupun gangguan yang berasal dari jantung. Suara napas paru yang berpenyakit akan berbeda dengan suara napas orang normal seperti contohnya pada serangan asma yang ditandai dengan adanya suara wheezing saat menarik dan mengeluarkan napas.

Bunyi perut (abdomen) juga bisa didengarkan dengan menggunakan stetoskop, dalam hal ini menilai bising usus. Bising usus normalnya terdengar sebanyak tiga kali per menit menggunakan stetoskop. Bising usus yang meningkat menunjukkan adanya penyakit diare atau sumbatan pada usus (obstruksi). Pada penderita diare, gerak ususnya lebih sering dari biasanya sehingga akan terdengar meningkat saat diperiksa dengan stetoskop.

Perbedaan Stetoskop Anak dan Dewasa

Bagian-bagian stetoskop anak sama dengan dewasa, hanya chest piece-nya berbeda. Ada stetoskop anak yang benar-benar menyerupai stetoskop dewasa, ada juga yang tidak dilengkapi dengan bel  karena diganti dengan berbagai bentuk karakter lucu binatang (harimau, beruang, monyet, rusa, katak, koala, panda). Tujuannya untuk membuat anak-anak agar lebih nyaman saat diperiksa oleh dokter. Seorang anak seringkali takut saat diperiksa oleh dokter dan biasanya langsung menangis. Bila stetoskop anak yang digunakan untuk memeriksa anak menggunakan stetoskop dengan karakter-karakter lucu tadi, anak bisa merasa lebih nyaman.

Pada dasarnya bagian stetoskop terdiri dari tiga bagian: eartips, tube, dan chest piece. Bagian stetoskop yang seringkali dimodifikasi dan membuat stetoskop jadi ada berbagai jenis adalah bagian chest piece dan tube, termasuk pada stetoskop anak tadi. Bagian yang digunakan oleh dokter adalah bagian eartips, di mana bagian ini nantinya dimasukkan ke telinga dokter untuk mendengarkan suara saat pemeriksaan. Eartips lebih baik bila dibuat dari bahan yang lembut sehingga nyaman dipakai oleh dokter.

Bagian yang menempel di pasien disebut dengan nama chest piece yang terdiri dari diafragma dan bel. Diafragma digunakan untuk mendengarkan suara yang berfrekuensi tinggi dan bel   digunakan untuk suara berfrekuensi rendah. Bagian stetoskop satu ini bisa bermacam-macam. Ada yang berbentuk seperti stetoskop Laennec biasa yang sering dipakai untuk mendengarkan denyut jantung janin, ada juga yang khusus tanpa bel   seperti stetoskop kardiologi (sering dipakai oleh spesialis jantung). Eartips dan chest piece dihubungkan oleh tube atau selang yang berfungsi untuk menghantarkan suara dari chest piece ke eartips. Semakin baik kualitas stetoskop, maka akan lebih jernih suara yang terdengar. Jadi, membeli stetoskop yang berharga mahal tidaklah sia-sia bila kualitasnya sangat bagus.


Oleh: dr. Rifa
Editor: Adrie Noor
Sumber: tokoalkes.com, stetoschope.web.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :