Stetoskop ABN Majestic (Spesifikasi)

Stetoskop ABN Majestic bisa dipertimbangkan untuk digunakan oleh mahasiswa-mahasiswa kedokteran dan para dokter. Stetoskop merek ABN memiliki kualitas yang baik dan harganya juga murah. Stetoskop ABN ada banyak jenis, termasuk salah satunya adalah stetoskop ABN Majestic. Stetoskop ABN Majestic memiliki fungsi sama seperti stetoskop lainnya yaitu untuk memeriksa dada dan perut. Pemeriksaan dada dan perut sangatlah penting karena di tempat-tempat tersebut seorang dokter bisa mendengarkan suara jantung, paru, dan perut (bising usus) untuk menegakkan diagnosis penyakit pasien. Seringkali seorang dokter juga butuh melakukan pemeriksaan lanjutan untuk menegakkan diagnosis yang sulit.



stetoskop abn majestic
Stetoskop ABN Majestic


Spesifikasi Stetoskop ABN Majestic

Bagian-bagian stetoskop ABN Majestic sama saja dengan stetoskop pada umumnya, yaitu chest piece, tube, dan eartips. Bagian yang digunakan oleh dokter adalah bagian eartips, bagian ini yang nantinya dimasukkan ke telinga dokter untuk mendengarkan suara saat pemeriksaan. Eartips lebih baik bila dibuat dari bahan yang lembut sehingga nyaman dipakai oleh dokter.

Bagian yang menempel di pasien disebut dengan nama chest piece yang terdiri dari diafragma dan bel. Diafragma digunakan untuk mendengarkan suara yang berfrekuensi tinggi dan bel   digunakan untuk suara berfrekuensi rendah. Bagian stetoskop satu ini bisa bermacam-macam. Ada yang berbentuk seperti stetoskop Laennec biasa yang sering dipakai untuk mendengarkan denyut jantung janin, ada juga yang khusus tanpa bel   seperti stetoskop kardiologi (sering dipakai oleh spesialis jantung). Eartips dan chest piece dihubungkan oleh tube atau selang yang berfungsi untuk menghantarkan suara dari chest piece ke eartips. Semakin baik kualitas stetoskop, maka akan lebih jernih suara yang terdengar. Berikut ini spesifikasi stetoskop ABN Majestic:
  • Memiliki respons akustik halus;
  • Desain super ringan sehingga nyaman untuk digunakan oleh dokter. Hal inilah yang menjadi kelebihan stetoskop ABN Majestic. Desainnya yang ringan sehingga mudah untuk dibawa-bawa ke mana pun;
  • Chest piece terbuat dari aluminium ringan;
  • Binaural ganda bersudut 15 derajat sehingga terasa nyaman di telinga;
  • Setiap unit stetoskop dilengkapi dengan satu set ekstra eartips dan satu diafragma untuk mengganti bila ada yang rusak;
  • Tersedia dalam berbagai warna (black, burgundi, royal blue, navy blue, hunter green, pink, light blue, grey).

Selain digunakan untuk memeriksa dada dan perut, stetoskop ABN Majestic bisa juga digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang dan digunakan bersama dengan tensimeter atau spigmomanometer. Hal ini biasa dilakukan di klinik-klinik, rumah sakit, juga pengobatan massal. Berikut adalah cara menggunakan stetoskop saat mengukur tekanan darah:
  1. Pasang earpiece pada telinga hingga menutup seluruh lubang telinga;
  2. Putar penghubung tube dengan diafragma untuk membuka diafragma. Cek dengan cara mengetuk bagian diafragma. Bila suara terdengar kencang, berarti diafragma telah terbuka;
  3. Pasang tensimeter (spigmomanometer) di lengan atas pasien lalu letakkan diafragma di bagian arteri brachialis atau bisa juga letakkan stetoskop di bawah manset agar tidak terlepas. Pompa manset kemudian dengarkan suara sistol dan diastolnya.

Anda bisa membeli stetoskop ABN Majestic di Toko Alkes, salah satu toko alat kesehatan yang menjual alat-alat kesehatan dengan lengkap. Toko Alkes punya website tempat Anda bisa membeli secara online di www.tokoalkes.com. Toko offline-nya bisa Anda temukan di Jalan Pasar Kaliki No. 239 B. Untuk lebih tepatnya, toko ini terletak di seberang Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Stetoskop ABN Majestic dijual seharga Rp195.000,00 di Toko Alkes.


Oleh: dr. Rifa
Editor: Adrie Noor
Sumber: tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :