Cara Memakai Stetoskop secara Umum

Cara memakai stetoskop cukup mudah. Namun, kita harus sering melatih mendengar berbagai bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia agar kita menjadi terampil dalam menggunakan stetoskop. Cara memakai stetoskop harus dipahami terlebih lagi jika Anda berprofesi sebagai petugas kesehatan atau dokter. Stetoskop adalah teman setia petugas kesehatan dalam melakukan pengobatan sehingga bagi petugas kesehatan benar-benar penting untuk mengetahui bagaimana cara memakai stetoskop yang benar. Sehingga Anda sebagai petugas kesehatan akan terampil dalam menggunakan stetoskop untuk berbagai pemeriksaan.



cara memakai stetoskop
Stetoskop ABN Classic



Teknologi yang dibutuhkan untuk mendengarkan suara internal pada tubuh manusia kini semakin berkembang secara pesat. Berbagai alat stetoskop dibuat dengan spesifikasi tertentu untuk mendengarkan suara yang berasal dari tubuh agar dapat didengar dengan lebih jelas. Namun, hal ini memerlukan pembelajaran yang lebih lanjut untuk melakukan auskultasi efektif memerlukan waktu. Semakin cepat Anda belajar menggunakan stetoskop efektif, semakin cepat Anda memahami suara yang dihasilkan oleh tubuh manusia.

Cara Memakai Stetoskop secara Umum

Pada umumnya semua jenis stetoskop mempunyai fungsi yang sama. Berbagai stetoskop yang berbeda telah dikembangkan untuk berbagai spesialisasi. Beberapa dirancang khusus untuk kardiologi atau dokter anak. Stetoskop training memiliki tujuan umum yang ideal bagi siswa dan perawat, sementara stetoskop elektronik dapat meningkatkan auskultasi melalui penggunaan teknologi digital.

Stetoskop tepat untuk Anda adalah model yang memberikan wawasan terbaik dalam kondisi pasien. Seiring dengan jenis stetoskop yang Anda gunakan, perbedaan kualitas suara tercermin dengan harga yang Anda bayar. Semakin mahal tentunya kualitas akan semakin lebih baik.

Dalam artikel ini akan dibahas cara memakai stetoskop, mencakup stetoskop tradisional atau akustik karena stetoskop jenis ini merupakan stetoskop yang paling banyak digunakan daripada stetoskop dengan perangkat elektronik atau digital.

Cara memakai stetoskop dimulai dari bagian atas stetoskop, potongan telinga harus dimasukkan sehingga mereka menunjuk ke arah jembatan hidung Anda. Sebuah stetoskop yang baik dirancang dengan binaurals (dua tabung yang berakhir dengan potongan telinga) yang mengarah sedikit ke depan.

Kanal telinga Anda dimiringkan sedikit ke depan. Anda akan tahu dengan posisi ini semua kebisingan di sekitar Anda menjadi sangat samar sehingga memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi pada suara yang datang melalui stetoskop.

Jika Anda tidak yakin apakah cara penggunaan yang benar, tempatkan dua buah telinga bersama-sama dan Anda akan melihat bentuk titik dari 'V' dangkal. Jika V diarahkan ke arah Anda, artinya merupakan cara yang salah. Jika Anda masih dapat melihat lubang stetoskop di bagian telinga, maka hal demikian adalah cara yang salah dalam menggunakan stetoskop. Sebaliknya jika Anda tidak dapat melihat lubang maka ini cara ini adalah cara yang tepat menggunakan stetoskop.

Panduan lain yang berguna ialah cara memegang headset stetoskop di depan wajah Anda dan melihat apakah Anda dapat melihat lubang di earphone. Jika Anda bisa, sekali lagi itu adalah cara yang salah karena earphone harus menghadapi sedikit menjauh dari Anda, lubang tidak akan terlihat dari pandangan.

Pilih potongan telinga yang cocok, pas, dan nyaman, berdasarkan ukuran yang ada, termasuk desain dan bahan. Ketidaknyamanan bisa menjadi gangguan bagi Anda untuk menggunakan stetoskop secara efektif.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: medisave.co.uk



Terima kasih untuk Like/comment FB :