Merk Stetoskop yang Bagus Kualitasnya

Merk stetoskop yang bagus tergantung pada kualitas yang dimiliki oleh setiap jenis stetoskop yang diinginkan. Tentunya sudah menjadi hal yang lumrah bila merek stetoskop yang bagus harganya lebih mahal dibandingkan dengan stetoskop lainnya. Tidak ada standar yang dapat menjadikan suatu merk stetoskop yang bagus. Umumnya semua merek stetoskop tergolong bagus sesuai dengan kemampuannya. Merek stetoskop yang bagus dapat berasal dari berbagai merk. Namun, memilih merek dari stetoskop yang bagus bukan merupakan satu pertimbangan untuk memilih stetoskop mana yang akan kita gunakan.



merk stetoskop yang bagus
Stetoskop ABN Classic


Memilih Merk Stetoskop yang Bagus untuk Memeriksa Anak

Memilih merek stetoskop yang bagus khususnya stetoskop anak harus berdasarkan berbagai pertimbangan. Kalau memang diperlukan, kita bisa mengeceknya terlebih dahulu satu persatu kemudian membandingkannya dan membeli stetoskop sesuai dengan anggaran yang direncanakan. Jadi, pertimbangan yang jeli dapat dijadikan cara untuk mencari stetoskop anak yang terbaik di pasaran. Bukan hanya faktor desain, tetapi juga pada sifat auskultasinya. Selain itu, pertimbangkan harga yang Anda harus bayar untuk stetoskop ini. Tentunya dokter, mahasiswa, dan perawat akan memiliki anggaran yang berbeda dan persyaratan kualitas yang berbeda pula.

Hal ini bukan berarti harus mencari stetoskop dengan harga paling mahal. Perlu diketahui dibandingkan stetoskop lainnya, stetoskop anak salah satu yang paling mahal sehingga tidak direkomendasikan hal ini untuk mahasiswa yang hanya melakukan rotasi pediatrik. Namun, jika pediatri adalah fokus utama Anda atau Anda benar-benar bekerja sebagai dokter anak, maka Anda perlu menghabiskan sedikit dana lebih untuk mendapatkan 3M Littmann Klasik II Pediatric Stetoskop. Ada alasan mengapa 3M Littmann stetoskop begitu mahal, stetoskop ini adalah yang terbaik. Alat ini dibuat dari bahan membran kualitas tinggi yang sama digunakan untuk stetoskop berukuran dewasa. Pada bagian dada sisi ganda, benar-benar memberikan sifat auskultasi lebih baik terutama bila dibandingkan dengan yang single-sided. 3M Littmann Klasik II menggunakan diafragma mengambang sehingga lebih akurat dan juga bertahan lebih lama. Bagian headset-nya tepat sebagaimana pada stetoskop dewasa. Jadi, jika Anda pernah menggunakan 3M Littmann stetoskop sebelumnya, Anda akan merasa sangat akrab dan nyaman. Bahan lateks dilengkapi dengan pelek sehingga tidak akan bermasalah dalam menggunakannya.

Jika Anda seorang mahasiswa kedokteran yang sedang melakukan rotasi pediatri, Anda mungkin tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk stetoskop anak-anak. Pada kenyataannya sifat auskultasi dari stetoskop yang mahal dengan yang murah tidak terlalu bagus. Hal ini menjadi perbedaan signifikan bagi dokter berpengalaman, terutama untuk dokter anak, tetapi jika Anda seorang mahasiswa, Anda mungkin tidak usah memilih perbedaan kualitas suara yang dihasilkan.  Maka dari itu, dalam memilih stetoskop yang dapat digunakan pada bayi serta anak-anak hingga usia 18 tahun, pada prinsipnya, Anda dapat memilih stetoskop yang dapat digunakan pada anak-anak, bahkan pada orang dewasa.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber:  stethoscopeadvisor.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :