Stetoskop Anak ABN untuk dokter Anak

Stetoskop anak ABN merupakan salah satu stetoskop anak yang paling populer di Indonesia.  Selain stetoskop anak ABN ada juga stetoskop Fetal ABN. Stetoskop Fetal ABN ini merupakan stetoskop yang paling sering digunakan oleh dokter spesialis kandungan dan bidan. Stetoskop Fetal ini lebih ditujukan untuk mengetahui denyut jantung janin yang ada di dalam rahim. Stetoskop ini memiliki fungsi yang lebih mirip dengan Laennec yang sering digunakan dalam praktik kebidanan. Selain stetoskop Fetal ABN, Toko Alkes juga menjual stetoskop anak ABN Majestic.



stetoskop anak abn
Stetoskop Anak ABN



Stetoskop anak ABN Majestic memiliki diafragma yang dapat memeriksa napasa anak. Apabila dilihat secara kasat mata, stetoskop ini memiliki tampilan yang sama dengan stetoskop dewasa. Stetoskop ini hanya terdiri dari satu buah chestpiece yang lebih kecil. Stetoskop ini tersedia dalam berbagai varian warna yaitu warna Black, Burgundi, Royal Blue, Navy Blue, Huntergreen, Pink, Light Blue, dan Grey.


Ada lagi stetoskop anak ABN lainnya yaitu Stetoskop anak Toonscope ABN. Stetoskop ini digunakan untuk memeriksa pasien anak yang takut untuk diperiksa oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya. Maka dari itu, stetoskop anak Toonscope ABN membuat anak tidak merasa takut untuk diperiksa. Stetoskop ini dapat membuat pasien anak-anak menjadi lebih tenang dalam menjalani pemeriksaan kesehatan. Pada stetoskop anak Toonscope ABN dilengkapi dengan berbagai karakter kartun yang dapat diganti-ganti pada bagian chestpiece-nya. Karakter kartun yang tersedia dapat berupa karakter harimau, karakter beruang, karakter monyet, karakter rusa, karakter kodok, karakter koala, dan karakter panda.

Mendeteksi Suara Abnormal pada Paru dengan Menggunakan Stetoskop Anak ABN

Pada dasarnya menggunakan stetoskop anak ABN sama saja dengan menggunakan stetoskop pada umumnya. Salah satu suara abnormal paru yang dapat dideteksi dengan menggunakan stetoskop anak ABN ialah crackles. Crackles yang terputus-putus, ledakan, "popping" suara yang berasal dalam saluran udara. Pengguna akan mendengar ketika saluran udara terhambat tiba-tiba membuka dan tekanan di kedua sisi obstruksi tiba-tiba menyeimbangkan hingga mengakibatkan getaran yang berbeda di dinding saluran napas. Obstruksi jalan napas dinamis dapat disebabkan oleh salah satu akumulasi sekret dalam lumen jalan napas atau dengan gangguan saluran napas yang disebabkan oleh tekanan dari peradangan atau edema di sekitar jaringan paru. Ronki dapat didengar selama inspirasi ketika intrathoracic hasil tekanan negatif di pembukaan saluran udara atau berakhirnya ketika pasukan tekanan positif toraks runtuh atau diblokir saluran udara terbuka. Ronki terdengar lebih umum selama inspirasi dari ekspirasi. Hal ini jadi signifikan karena menyiratkan akumulasi sekret cairan atau eksudat dalam saluran udara atau peradangan dan edema pada jaringan paru.

Ada lagi suara abnormal yang dapat dideteksi dengan stetoskop yaitu stridor. Stridor intens mengi monofonik terus menerus terdengar paling keras pada  saluran udara extrathoracic. Gangguan ini cenderung selama inspirasi ketika extrathoracic mengganggu saluran udara karena tekanan lumen internal yang lebih rendah. Napas dapat terdengar tanpa bantuan stetoskop. Auskultasi hati dengan stetoskop biasanya mengidentifikasi area intensitas maksimum yang berhubungan dengan obstruksi jalan napas. Hal ini biasanya terjadi di laring atau di cerukan dada. Suara-suara extrathoracic sering disebut bawah saluran udara dan sering terdengar selama thorax dan sering keliru sebagai mengi paru. Stridor menunjukkan adanya obstruksi jalan napas bagian atas.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: cvmbs.colostate.edu , tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :