Stetoskop Littmann (Cara Perawatan)

Stetoskop Littmann merupakan stetoskop yang diproduksi negara Amerika. Stetoskop Littmann memiliki kualitas tinggi dan banyak digunakan oleh para petugas medis seperti dokter umum. Pada umumnya stetoskop memiliki dua elemen pada bagian dada, diafragma, dan bel. Diafragma digunakan untuk mendengarkan suara frekuensi tinggi sedangkan bel berfungsi untuk frekuensi yang lebih rendah.



stetoskop Llttmann
Stetoskop Littmann


Jika Anda tidak yakin sisi dada pasien yang sedang aktif atau Anda ingin memastikannya, tekan diafragma dengan ujung jari Anda. Dengan mode diafragma Anda akan mendengar tekanan sangat keras melalui earphone. Langkah ini merupakan ide terbaik untuk belajar perbedaan dan berlatih perubahan modus sebelum bekerja pada pasien karena. Kesalahan dalam memilih sisi bidang yang diperiksa bisa merusak kepercayaan pasien terhadap Anda sebagai medis profesional.

Stetoskop Littmann merupakan stetoskop yang sangat populer, alat ini memiliki diafragma tuneable yang bisa diubah tekanannya. Stetoskop ini cukup ringan, cukup menempelkannya pada kulit dengan modus bel sambil menekan melawan kulit beralih ke modus diafragma. Hal ini tentu ergantung pada bagian apa yang ingin Anda dengarkan, stetoskop harus ditempatkan pada titik yang berbeda pada tubuh. Idealnya harus melawan kulit, bahkan lapisan tipis pakaian akan menghambat kinerja.   Pengetahuan tentang bagaimana cara menggunakan stetoskop, merupakan awal pendidikan untuk menilai kondisi pasien. Anda perlu belajar bagaimana mengenali perbedaan suara dan memahami arti penting suara tersebut dan dikaitkan dengan riwayat medis pasien.

Salah satu stetoskop Littmann yang banyak digunakan ialah stetoskop Littmann classic II. Stetoskop ini biasanya digunakan untuk memeriksa pasien orang dewasa. Stetoskop ini memiliki spesifikasi berupa desain yang tahan lama dan rapat, eartips yang sangat lembut sehingga membuat telinga nyaman, adanya garansi resmi yang ditawarkan selama satu tahun, sensitivitas akustik dari stetoskop yang tinggi, dan terdapat diafragma untuk mendengarkan suara berfrekuensi rendah dan tinggi.

Selain stetoskop tersebut terdapat stetoskop Littmann yang digunakan untuk memeriksa jantung. Stetoskop ini disebut stetoskop cardiology. Stetoskop kardiologi harganya lebih mahal di antara stetoskop merek  Littmann. Kebanyakan stetoskop cardiology digunakan oleh dokter spesialis jantung dan dokter spesialis penyakit dalam untuk memeriksa pasiennya. Dengan menggunakan stetoskop cardiology ini, suara frekuensi rendah jantung dapat terdengar dengan jelas.

Perawatan Stetoskop Littmann

Perawatan stetoskop Littmann tentu saja tidak berbeda jauh dengan stetoskop pada umumnya. Kita hanya memerlukan waktu luang untuk memeriksa potongan telinga bebas dari hambatan. Tentunya, hal ini tergantung dari cara Anda menggunakan dan menyimpan stetoskop sehingga kotoran dan bulu menumpuk sehingga mengganggu kinerja pendengaran.

Semua stetoskop dapat dibersihkan dengan disinfektan atau tisu alkohol. Perlu diingat hindari cairan disinfektan, terutama pelarut karena dapat menyebabkan kerusakan permanen dan saat membersihkan periksa bagian fisik, barangkali terdapat keretakan atau kerusakan lainnya.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: medisave.co.uk



Terima kasih untuk Like/comment FB :